DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN GAYA MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


Ramadhan. Muhammad Rizki. 2023. Gaya Mengajar Guru Di SMAN 8 Banjatmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Fatimah, M.Hum. Muhammad Elmy M.Pd Kata Kunci: Gaya Mengajar, Guru, PPKn

Gaya mengajar adalah cara atau metode yang digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan tujuan mencapai tujuan pembelajaran. Gaya mengajar dapat bervariasi, tergantung pada metode, teknik, dan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pemilihan gaya mengajar yang tepat dapat membantu siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan efektif dalam belajar serta dapat memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti gaya mengajar guru di SMAN 8 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gaya mengajar yang digunakan guru mata pelajaran PPKn di SMAN 8 Banjarmasin meliputi gaya mengajar klasik, teknologis, personalisasi dan interaksional. Untuk cenderungan gaya belajar yang sering dilakukan menggunakan gaya mengajar klasik dan interaksional 2) kendala dalam melaksanakan gaya mengajar klasik yaitu semua materi pelajaran disampaikan oleh guru sehingga peserta didik hanya mencatat dan mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru, kendala dalam mengajar gaya interaksional yaitu guru harus lebih banyak memberikan rangsangan kepada siswa agar tidak pasif mendengarkan penjelasan dari guru tetapi mengharuskan guru dan siswa sama-sama dominan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran guru PKn sebaiknya berupaya meningkatkan kualitas diri terutama dalam hal teknik mengajar yaitu dengan selalu melibatkan siswa dalam setiap aspek pembelajaran sehingga siswa terlatih untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, hendaknya guru PKn tidak hanya berperan sebagai pengajar, namun diharapkan dapat menjadi pengarah dan pendidik siswa, baik dalam belajar maupun dalam pembentukan karakter yang baik sehingga setelah belajar PKn siswa dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, guru hendaknya dapat meodifikasi bahan pelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan mengikut sertakan siswa sehingga bahan yang digunakan juga berdasarkan pada minat siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI