DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KORELASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PPKN DI SMP NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


Nabila, 2023.   Korelasi penggunaan media pembelajaran Dengan hasil belajar PPKN di SMP Negeri 12 Banjarmasin.Pembimbing (I) Prof.Dr. Hj. Fatimah, M.HUM.

Kata Kunci : Media pembelajaran,  hasil belajar ppkn.

Media pembelajaran  ialah  setiap benda yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengajar dapat digunakan untuk menyampaaikan informasi dari pe,belajaran kepada orang yang akan menerimanya atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat keterkaitan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PPKn . di samping itu, juga untuk mengetahui hubungan yang sighnifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan class random sampling karena yang di acak adalah kelas dari populasi bukan siswa dari populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif dan uji korelasi Product Moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki hubungan yang sighnifikan dengan hasil belajar PPKn  siswa di kelas, yang terlihat pada hasil uji korelasi Product Moment yaitu sebesar  0,408 yang kemudian disesuaikan  dengan tabel interpretasi nilai r maka besarnya nilai 0,408 ini termasuk interval koefisien antara  0,408 sampai dengan 0,599 yaitu diinterpretasikan termasuk dalam kategori sedang. Kategori sedang menunjukan korelasi yang sedang antara hasil belajar dengan media pembelajaran yang digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah dan siswa dapat meningkatkan penggunaan media pembelajaran dan itu semua perlu adanya kerjasamanya antara pihak sekolah dan siswa. Sehingga dapat meningkatkan hasil  belajar siswa.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI