DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS X DI SMK MAESTRO ISLAMIC SCHOOL BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD SUPIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


ABSTRAK

Supian, Ahmad. 2023. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X Di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah, (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci : Gaya belajar, Hasil belajar

 

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) mengetahui gaya belajar siswa kelas X di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin. (2) mendiskirpsikan keterkaitan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas X di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin. (3) menilai besarnya tingkat korelasi antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas X di SMK Maestro Islami School Banjarmasin.

Penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang melibatkan seluruh populasi siswa kelas X di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin, yang berjumlah 153 siswa, dengan sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data. dilakukan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji analisis korelasi melibatkan uji normalitas dan uji linearitas. Setelah memastikan data normal dan linear, dilakukan perhitungan korelasi product moment dan koefisien. determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi untara gaya belajar siswa dan hasil belajar PPKn sebesar thing 0.679 ubel 0.284. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel tersebut, dengan keeratan hubungan sebesar 45%.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa kelas X di SMK Maestro Islamic School Banjarmasin cenderung memiliki gaya belajar kinestetik, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar PPKn, dengan koefisien korelasi sebesar 0,679 yang masuk dalam kategori kuat. Saran dari penelitian ini adalah agar guru dan orang tua dapat mengenali gaya belajar. siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI