DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI KALIMAT MATEMATIKA DAN PERHITUNGAN DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA SD KELAS IV
PENGARANG:MUHAMAD EGY HARTONO PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


Perkembangan teknologi telah membawa perubahan mendasar dalam pendidikan. Media pembelajaran interaktif berbasis web muncul sebagai alternative untuk menggantikan peran buku dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi kalimat matematika dan perhitungan dengan metode tutorial untuk siswa SD kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dibatasi yaitu analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui penilaian validitas, digunakan dua instrument utama, yaitu lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Teknologi yang digunakan untuk mengembakan media pembelajaran interaktif berbasis web ini adalah HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, JSON, Firebase, Canva, Figma dan Netlify. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid dengan nilai validitas dari materi sebesar 86% dalam kategori sangat tinggi dan validitas dari media sebesar 80% dalam kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi kalimat matematika dan perhitungan untuk siswa SD kelas IV dinyatakan valid digunakan untuk uji coba di sekolah.


Kata kunci: ADDIE, Kalimat Matematika Dan Perhitungan, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web, Metode Tutorial, Research & Development.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI