DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PANDANG DENGAR DI KELAS X MAN 2 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ANA MARLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


ABSTRAK

Marlina, Ana. 2023. Pembelajaran Hikayat dengan Media Pandang Dengar di Kelas X MAN 2 Kota Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.; (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, hikayat, dan media pandang dengar

     Pengertian pembelajaran dapat diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran hikayat merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X MAN 2 Kota Banjarmasin. Dalam pembelajaran hikayat, pendidik dan peserta didik diharuskan untuk bekerja sama supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hikayat merupakan karya sastra lama yang berbentuk prosa. Namun, pembelajaran sastra di sekolah masih dianggap kurang sebagaimana yang diungkapkan Sayuti (Widowati, 2014:4) bahwa pada dasarnya masalah pembelajaran sastra disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: faktor buku ajar sastra, faktor sarana, faktor guru dan faktor sistem ujian.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran hikayat dengan menggunakan media pandang dengar di kelas X MAN 2 Kota Banjarmasin, serta mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pandang dengar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang menggunakan informasi dari responden dan informan melalui instrumen pengumpulan data seperti angket, observasi, wawancara, dan lainnya. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu suatu penelitan yang menghasilkan suatu uraian secara mendalam terhadap data yang diteliti dan tidak hanya terbatas pada pandangan dipermukaan saja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang data-datanya dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran hikayat dengan menggunakan media pandang dengar di kelas X MAN 2 Kota Banjarmasin dengan tingkat kesuksesan yang didapat mencapai  88%, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai peserta didik adalah 85 dengan jumlah peserta didik yang dijadikan sampel sebanyak 34 orang, sebanyak 30 peserta didik telah mencapai nilai KKM di sekolah. Adapun peserta didik yang nilainya dibawah standar terdapat 4 orang atau sekitar 12%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI