DIGITAL LIBRARY



JUDUL: ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS : DESA ASTAMBUL SEBERANG KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR)
PENGARANG:Madina Aghnia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


Madina Aghnia, (2021). Analisis Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus: Desa Astambul Seberang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar). Pembimbing: Dra. Nor Hikmah, SE, MSA, Ak, CA

 

              Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan Dana Desa tahun 2020 di Desa Astambul Seberang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

 

              Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis pengelolaan dana desa dalam perencaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban tahun 2020 di Desa Astambul Seberang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Kaur Keuangan Desa, perwakilan masyarakat.

 

              Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana Desa sudah dilaksanakan cukup baik. Meskipun demikian masih ada beberapa yang harus diperbaiki yaitu dalam perencanaan kurangnya pertisipasi masyarakat pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes); dalam hal pembangunan di lapangan maupun dalam pengawasan terhadap Pemerintahan desa saat melakukan pengelolaan dana desa; dan pembagian jobdesk yang belum dilaksanakan dengan baik.

 

              Kata kunci: Pengelolaan Dana Desa, perencaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban tahun

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI