DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK ADHD DI SDI AL MADANI BANJARBARU
PENGARANG:NORKHALISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


ABSTRAK

Norkhalisah. 2023. Efektivitas Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak ADHD Di SDI Al Madani Banjarbaru. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun Akademik 2023/2024. Pembimbing 1 Mirnawari Pembimbing II Fauzul Adhim.

Kata Kunci: Token Ekonomi, Konsentrasi Belajar, Anak ADHD

                                 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya konsentrasi belajar pada anak AHDH (Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Permasalahan pada penelitian ini subjek mengalami hambatan dalam konsentrasi belajar, subjek belum dapat memusatkan konsentrasinya saat pembelajaran dikelas berlangsung yang dikarenakan subjek sulit untuk dudu diam dalam waktu yang lama, sering gelisah, dan mudah terdistrak dengan benda ataupun suara-suara dari luar kelas. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah efektivitas teknik token ekonomi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak ADHD di SDI Al Madani Banjarbaru.

                                 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2 yang mana A1 merupakan fase baseline 1 yang dilakukan sebanyak 3 sesi, B merupakan fase intervensi sebanyak 4 sesi, dan A2 merupakan fase baseline 2 sebanyak 3 sesi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dengan durasi yang mengukur lamanya waktu kejadian yang dibantu oleh tiga pengamat. Teknik analisis data menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi dengan penyajian data berbentuk visual grafik dan tabel.

                                 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap konsentrasi anak ADHD secara berkala, terbukti dari data yang diperoleh selama tahap baseline 1 (A1) dengan mean level sebesar 9%, kemudian tahap intervensi (B) dengan mean level sebesar 13,5%, dan tahap baseline 2 (A2) dengan mean level sebesar 21%. Hasil overlapnya dari A1 ke B adalah 25%, dan dari B ke A2 adalah 0%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap konsentrasi belajar anak ADHD dengan teknik token ekonomi. Peningkatan terjadi karena adanya intervensi yang dilakukan peneliti dengan token ekonomi yang memberikan pengaruh positif terhadap konsentrasi belajar anak ADHD di SDI Al Madani.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI