DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 8 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD MAY YASIN ARFIANTA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-04-19 |
Muhammad May Yasin Arfianta, 2021. Pengaruh motivasi belajar siswa di SMAN 8 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd.).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Banjarmasin.Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 8 Banjarmasin. Ada pun populasi yang digunakan yakni seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Banjarmasin. Teknik sampel yaitu teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket, kemudian data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari uji normalitas yang diperoleh nilai signifikasi 0,613 > 0,05. Berdasakan hasil penelitian tersebut diatas maka penelitian ini dapat bahwa motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banjarmasin terdapat hubungan yang searah yaitu semakin baik motivasi belajar maka hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi semakin meningkat sedangkan hasil korelasi dalam penelitian ini merupakan korelasi yang positif, kuat dan signifikan. Pada uji normalitas yang diperoleh nilai signifikasi 0,613 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya motivasi, maka siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat dalam mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yakni faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI