DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KREATIVITAS DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:ISEU WIDIARTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-19


ABSTRAK

Widiartina. 2024. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kreativitas Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Tanjung. Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M. Pd, Ph. D (II) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kreativitas Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja

Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau hasil kerja seseorang berdasarkan kualitas yang dicapainya dalam melaksanakan tanggung jawab yang diterima. Kinerja guru adalah faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan. Faktor yang memperngaruhi kinerja antara lain: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kreativitas kerja dan kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepemimpinan Transformasional kepala sekolah, kreativitas kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini dari seluruh guru SMP se-Kecamatan Tanjung dengan jumlah guru 148 orang, dan ukuran sampel ditentukan sebanyak 110 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara kepada sampel. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) kreativitas kerja terhadap kinerja guru, (3) kepuasan kerja terhadap kinerja guru, (4) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas kerja, (5) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja, (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kreativitas kerja,(7) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja.

Berdasarkan hasil temuan dari penelitian ini dapat disarankan beberapa hal seperti: (1) Guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif dan kreatif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru, (2) Kepala sekolah hendaknya memberikan dorongan semangat terhadap upaya yang bersifat positif sehingga bisa meningkatkan motivasi kerja guru dalam bekerja, (3) satuan pendidikan hendaknya memberi kesempatan para guru untuk mengembangkan diri, (4) penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai rujukan dan referensi untuk melakukan penelitian yang masih berkaitan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI