DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA TEMA TUGASKU SEHARI-HARI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SDN 2 BANDARAYA KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY NASRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-19


Rizky Nasrullah, Muhammad 2024. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Make a Match dan Teams Games Tournament Tema Tugasku Sehari hari dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 SDN 2 Bandaraya Kabupaten Kapuas. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

Kata Kunci: Kegiatan Belajar, Hasil Belajar, Make a Match dan Teams Games Tournament.

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa belum mampu berpikir kritis, berinteraksi dan berkolaborasi dengan baik pada tema Tugas Harianku dalam Pelajaran Matematika. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model Make a Match dan Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Make a Match dan Teams Games Tournament. 

Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Bandaraya Kabupaten Kapuas yang berjumlah 14 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan crosstab, dijelaskan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan sangat baik, dengan hasil kegiatan guru pada pertemuan 1 sampai dengan 3 meningkat dari skor 24 dengan kriteria baik menjadi 32 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 secara klasikal meningkat dari 50,0% dengan kriteria cukup aktif menjadi 85,7% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 42,8% menjadi 92,8%. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Make a Match dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lainnya adalah agar penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI