DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERDASARKAN JENIS KELAMIN
PENGARANG:NIKI ARDITA SARASWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-19


Matematika merupakan ilmu yang sering digunakan pada kegitan sehari-hari. Contohnya pada kegiatan sederhana seperti jual-beli di pasar, hingga pada kegiatan yang rumit sekalipun. Seperti membuat rumah, rumah ibadah, dan pesawat memerlukan perhitungan matematika. Namun dalam mengerjakan soal matematika siswa masih banyak melakukan kesalahan. Hal ini akan berdampak pada pembelajaran selanjutnya maka dilakukanlah analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar berbasis etnomatematika dengan tujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Deksriptif dengan prosedur analisis kesalahan berdasarkan Newman`s Error Analysis yang mencakup 4 prosedur yaitu, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan persentase dari jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan. Siswa Perempuan memiliki presentasi kesalahan yang paling tinggi dibandingkan presentasi siswa laki-laki yaitu sebesar 27,20% dan 26,88%. dilakukan siswa laki-laki dan perempuan ialah kesalahan penulisan jawaban akhir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI