DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HAMBATAN GURU GEOGRAFI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ERMA ROSSIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-24


Kurikulum merdeka sebagai pemulihan ketertinggalan pembelajaran (learning loss) yang dialami dalam dunia pendidikan selama 2 (dua) tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan hambatan guru Geografi di SMAN Kota Banjarbaru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta menganalisis solusi hambatan yang dialami dari guru Geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi kepada 4 orang guru mata pelajaran Geografi kelas X di sekolah menengah atas negeri Kota Banjarbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami hambatan dalam mengimplementasikan Kuriulum Merdeka dalam pembelajaran Geografi. Hambatan yang dialami guru mata pelajaran Geografi kelas X meliputi (1) heterogenitas siswa di dalam kelas; (2) penyusunan modul ajar; (3) keterbatasan referensi sumber belajar Kurikulum Merdeka; (4) sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Solusi dari hambatan yang dialami guru mata pelajaran Geografi meliputi (1) mengikuti pelatihan mengenai Kurikulum Merdeka; (2) mencari referensi modul ajar dengan rekan sejawat dan Platform Merdeka Mengajar (PMM); (3) membeli buku referensi mengenai Kurikulum Merdeka dan menggunakan e-book; (4) melengkapi sarana dan prasarana.

Kata kunci: Hambatan guru, Kurikulum Merdeka, SMA Negeri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI