DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Siswa Di SMA Negeri 4 Banjarbaru
PENGARANG:ZULFAH NAILY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-25


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya karakter peduli lingkungan pada siswa akibat kurangnya solusi dalam pembelajaran. Fokus pada lingkungan sekolah sebagai tempat efektif untuk membentuk karakter tersebut, Program Adiwiyata diakui sebagai solusi konkret. Penelitian bertujuan menganalisis pelaksanaan Program Adiwiyata di SMA Negeri 4 Banjarbaru dengan penekanan pada kebijakan sekolah, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana. Melihat peran program ini dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa, melibatkan aspek penghematan energi, pemanfaatan air, pengelolaan sampah dan peduli lingkungan sekitar.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat pada pelaksanaan program sekolah Adiwiyata ini : 1) SMA Negeri 4 Banjarbaru berhasil menerapkan Program Sekolah Adiwiyata melalui kebijakan, kurikulum, kegiatan partisipatif, dan pengelolaan sarana-prasarana. Ini melibatkan kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum terintegrasi, kegiatan partisipatif, dan efektifitas pengelolaan fasilitas Adiwiyata. 2) Selain menciptakan lingkungan sekolah berkelanjutan, program ini juga berhasil membentuk karakter siswa yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan melalui praktik penghematan energi, pemanfaatan air dengan bijak, pengelolaan sampah yang baik, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Disarankan hendaknya melakukan peningkatan edukasi lingkungan, kolaborasi dengan organisasi dan perusahaan lingkungan, penguatan program pengelolaan sampah melalui inovasi baru serta melibatkan siswa, penjadwalan kegiatan monitoring evaluasi rutin untuk dasar perbaikan program Adiwiyata serta pengembangan ekstrakurikuler lingkungan, lebih aktif dalam melibatkan masyarakat sekitar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI