DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Fenomena Komunikasi Virtual Anonim Dalam Melakukan Self Disclosure (Studi Fenomenologi Pada Pengguna Voisa.app)
PENGARANG:VINKA REZKY FEBRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-26


Vinka Rezky Febriana, 2010414220001, 2024, Fenomena Komunikasi Virtual Anonim Dalam Melakukan Self Disclosure (Studi Fenomenologi Pada Pengguna Voisa.app). Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti.

Hadirnya perkembangan teknologi terkhusus dibidang komunikasi memunculkan fenomena-fenomena baru, salah satunya adalah fenomena penggunaan akun anonim dalam melakukan self disclosure pada aplikasi voisa.app. Aplikasi voisa.app sendiri menawarkan kita fitur anonym yang nantinya hanya dipertemukan dengan satu orang secara acak yang terhubung dengan suara, sehingga kita merasa terhubung lebih dekat dengan orang tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengalaman dan makna menggunakan akun anonym dalam melakukan self disclosure di voisa.app.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengalaman verbal dan non-verbal pengguna terdapat pengalaman verbal dan non- verbal yang menggambarkan interaksi melalui lisan dan pengalaman non- verbal yang berkaitan dengan pengalaman non-verbal terkhusus paralinguistik atau aspek non-verbal dari proses berbicara (komunikasi verbal). Adapun komunikasi verbal yang terjadi diantaranya membahas berbagai isu, menceritakan isu sensitif, mendapat respon positif, hingga saling bertukar kontak. Sedangkan komunikasi non-verbal yang terjadi berdasarkan pengalaman informan adalah adanya intonasi suara yang rendah, dapat merasakannya respon emosi, adanya perasaan nyaman dan lega.

Kata Kunci :Fenomena, Komunikasi Virtual, Self Disclosure, Anonimitas, Fenomenologi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI