DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN LEARNING GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI SMAN 1 RANTAU BADAUH
PENGARANG:ARENDRA YANUARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-26


Kahoot merupakan salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media game kahoot dapat digunakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media learning game kahoot, terhadap hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS 2 di SMAN 1 Rantau Badauh, dengan jumlah 22 siswa.

 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimen (Pre-Exsperimental Desain) dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Kemudian analisis data dengan uji N-gain dan uji beda sampel berpasangan (Paired Sample t-Test) dengan menggunakan sofeware SPSS 25 (Statistical Package of Social Science) untuk melihat adanya peningkatan skor hasil pembelajaran antara sebelum dan sesudah diterapkan sebuah perlakuan.

Hasil dari penelitian mengunakan uji N-Gain yaitu nilai rata-rata sebesar 56.4989 atau 56% termasuk cukup efektif dan menurut kategori N-Gain sedang. Berdasarkan hipotesis dengan uji beda berpasangan (Paired Sample t-Test) diketahui nila Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar prestest dengan posttest, yang artinya ada pengaruh terhadap penggunaan media learning game kahoot terhadap hasil belajar siswa untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan pada kelas XII IPS 2 di SMAN 1 Rantau Badauh.

Kata Kunci : Game Kahoot, Hasil Belajar, Kesiapsiagaan Bencana

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI