DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BDP SMK NEGERI 1 MARTAPURA | |
PENGARANG | : | SORAYA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-04-29 |
Soraya, 2023. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 1 Martapura. Skripsi,
Program studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. ( Pembimbing : Prof. Dr. Dwi. Atmono, M.Pd, M,Si.).
Penelitan ini bertujuanuntuk menganalisis pengaruh efektivitas pembelajaran dan
kemandirian belajar terhadap hasil belajar perseta didik kelas XI BDP SMK Negeri
1 Martapura. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriftif asosiatif.
Subjek penelitian 55 orang peserta didik pada kelas XI BDP dengan program
keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Martapura. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner untuk uji validitas dan reabilitas,analisis data
menggunakan uji prasyarat meluputi uji normalitas, uji linearitas, uji analisis
deskriptif, uji regresi linear berganda, uji T, uji F simultan. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan berdasarkan analisis deskriptif efektivitas pembelajaran
daring pada masa covid-19 dengan nilai presentase 49,76% dengan kategori sedang.
Berdasarkan analisis kemandirian pada deskriptif analisis kategori sangat tinggi
dengan presentase 86.96%. Berdasarkan Ttabel = 2.005. Maka dengan demikian
Thitung < Ttabel (-7.122 < 2.005). Adapun diperoleh signifikasi sebesar 0,000 lebih
kecil dari probabilitas 0,05, maka hipotesisnya yaitu terdapat pengaruh antara
efektivitas pembelajaran daring (X1) terhadap hasil belajar (Y) secara parsial.
Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara efektivitas
pembelajaran daring terhadap hasil belajar diterima. Sedangkan Ttabel = t=(a/2;n-k-l) =t (0,025 ; 55) maka terdapat tabel 2.005. Maka dengan demikian Thitung <
Ttabel (2.650 < 2.005). Adapun diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,011 lebih besar
dari probabilitas 0,05, maka hipotesisnya yaitu tidak terdapat pengaruh antara
kemandirian (X2) terhadap hasil belajar (Y) secara parsial. Sehingga hipotesis yang
berbunyi terhadap pengaruh antara kemandirian terhadap hasil belajar diterima.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI