DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI BDP SMK NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:SORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-29


Soraya, 2023. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 1 Martapura. Skripsi,

Program studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. ( Pembimbing : Prof. Dr. Dwi. Atmono, M.Pd, M,Si.).

Penelitan ini bertujuanuntuk menganalisis pengaruh efektivitas pembelajaran dan

kemandirian belajar terhadap hasil belajar perseta didik kelas XI BDP SMK Negeri

1 Martapura. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriftif asosiatif.

Subjek penelitian 55 orang peserta didik pada kelas XI BDP dengan program

keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Martapura. Teknik pengumpulan data

menggunakan kuesioner untuk uji validitas dan reabilitas,analisis data

menggunakan uji prasyarat meluputi uji normalitas, uji linearitas, uji analisis

deskriptif, uji regresi linear berganda, uji T, uji F simultan. Berdasarkan hasil

penelitian menunjukkan berdasarkan analisis deskriptif efektivitas pembelajaran

daring pada masa covid-19 dengan nilai presentase 49,76% dengan kategori sedang.

Berdasarkan analisis kemandirian pada deskriptif analisis kategori sangat tinggi

dengan presentase 86.96%. Berdasarkan Ttabel = 2.005. Maka dengan demikian

Thitung < Ttabel (-7.122 < 2.005). Adapun diperoleh signifikasi sebesar 0,000 lebih

kecil dari probabilitas 0,05, maka hipotesisnya yaitu terdapat pengaruh antara

efektivitas pembelajaran daring (X1) terhadap hasil belajar (Y) secara parsial.

Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara efektivitas

pembelajaran daring terhadap hasil belajar diterima. Sedangkan Ttabel = t=(a/2;n-k-l) =t (0,025 ; 55) maka terdapat tabel 2.005. Maka dengan demikian Thitung <

Ttabel (2.650 < 2.005). Adapun diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,011 lebih besar

dari probabilitas 0,05, maka hipotesisnya yaitu tidak terdapat pengaruh antara

kemandirian (X2) terhadap hasil belajar (Y) secara parsial. Sehingga hipotesis yang

berbunyi terhadap pengaruh antara kemandirian terhadap hasil belajar diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI