DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KUE KHAS BANJAR PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGARANG:ERLIYANI YULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-02


Siswa sekolah dasar masih banyak yang kesulitan dalam memahami materi pecahan sehingga memperoleh nilai matematika yang rendah. Oleh karena itu, sebagai salah satu usaha untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berbasis kue khas Banjar pada materi pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi pecahan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek uji coba penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV SDN Keliling Benteng Ilir, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian lembar validasi yang diisi oleh tiga validator, angket respon guru, angket respon siswa, dan hasil tes evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) modul ajar termasuk valid, karena nilai validitasnya sebesar 91% dan memenuhi kriteria sangat valid, (2) modul ajar termasuk praktis karena skor dari angket respon guru yaitu 95% dan skor dari angket siswa yaitu 97,65% dan memenuhi kriteria sangat praktis, dan (3) hasil tes evaluasi siswa menunjukkan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,24% dan memenuhi kriteria sangat efektif. Dengan demikian, modul ajar berbasis kue khas Banjar pada materi pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar ini valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Modul ajar, kue khas Banjar, pecahan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI