DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETIKA PELAYANAN PUBLIK KANTOR KECAMATAN ANJIR MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:BANATUL MASLAKHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-03


Banatul Maslakhah, 2010411220010. Etika Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Dibawah bimbingan Erma Ariyani.

Penelitian ini bermula dari permasalahan tentang Etika Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Dugaan peneliti  bermula sering ditemukankurangnya tanggung jawab atas pekerjaan seperti seringnya datang terlambat, pulang kerja tidak pada waktunya dan istirahat lebih awal sehingga mengakibatkan penilaian etika pelayanan menurun dimata masyarakat sekitar dan juga menandakan bahwa mereka melalaikan tugas, tanggung jawab serta melanggar peraturan yang ada. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini dibuat untuk mengetahui Etika Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala serta untuk mengetahui faktor kendala yang terjadi selama menerapkan etika pelayanan di Kantor Kecamatan Anjir Muara.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi sesuai objek penelitian dan pengolahan data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Etika pelayanan publik Kantor Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yang dianalisis menggunakan 4 dimensi kualitas pelayanan menurut Mertins Jr Bisri dan Asmoro sudah cukup baik namun belum optimal. Hal ini dikarenakan dari dimensi Equality, Equity, dan sudah memiliki hasil yang baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat,  namun jika dilihat dari dimensi Loyality dan Responibility pelayanan ini masih belum berjalan dengan baik karena masih adanya yang datang terlambat dari jam kerja jadi masyarakat harus menunggu selain itu dalam memberikan layanan masyarakat dan masih kurang transparansi ketepatan waktu yang dijanjikan oleh pihak kantor kepada masyarakat dalam menangani pembuatan KTP  yang ternyata memerlukan waktu yang lebih lama dari waktu yang telah ditentukan,  jika ingin lebih cepat bisa memberikan biaya tambahan. Terdapat tiga faktor kendala dalam Etika Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala yaitu Jaringan Internet, Sarana Prasarana dan Ktidakpahaman Masyarakat Terhadap Teknologi.

Kata kunci : Etika, Pelayanan publik, Kantor Kecamatan Anjir Muara

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI