DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PROMOSI WISATA SIRING SUNGAI MARTAPURA OLEH DINAS KEBUDAYAAN KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NURPITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-03


ABSTRAK Nurpita, 20104131220025, Strategi Promosi Wisata Siring Sungai Martapura Oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Apriansyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Promosi Wisata Siring Sungai Martapura Oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin. Dengan fokus penelitian di wilayah Siring Pierre Tandean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran wisata menurut Holloway & Robinson (1995). Pemasaran Pariwisata terdiri dari beberapa variabel penting untuk objek wisata, yaitu Product, Positioning, Price, Promotion, Place, Packaging, Partnership , dan Consumer. Informan penelitian ini adalah Kepala Bidang Pariwisata, Kepala Bidang Kebudayaan, Staff Bidang Pariwisata, Kepala UPTD Kawasan Wisata, Patriot Pariwisata dan Wisatawan yang berkunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Promosi Wisata Siring Sungai Martapura Oleh Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan efektif. Hal ini dapat terlihat dari aparat pemerintahan dan komunitas terkait yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perencanaan maupun pelaksanaan promosi dan dari kepuasaan pengunjung terhadap pembangunan yang dilaksanakan serta partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan strategi promosi wisata yang telah dilakukan bisa dikatakan baik, dikarenakan meningkatnya kunjungan wisata di kawasan Siring dengan adanya strategi promosi yang baik pula yang telah dilaksanakan oleh pemerintah dan komunitas Patriot Pariwisata. Kepada Aparatur Pemerintah Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin dan juga Patriot Pariwisata untuk lebih aktif dan lebih sering memperkenalkan wisata Siring ini dengan memberdayakan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mempromosikan wisata dan budaya daerah. Kata Kunci : Strategi, Promosi, Wisata, Partisipasi, Komunikasi Pemasaran 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI