DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KERAGAMAN DEWAN DIREKSI WANITA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020)
PENGARANG:TASHA ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-04


ABSTRAKSI

Tasha Ananda (2023) Pengaruh Keragaman Dewan Direksi Wanita terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020).

PembimbingRifqi Novriyandana, SE., MM., M.Acc., Ak

 

Tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi memproyeksikan hasil kinerja manajemen dan kepercayaan pasar terhadap prospek perusahaan di masa mendatang. Nilai perusahaan dapat digunakan sebagai gambaran kepercayaan dari investor, dan tolok ukur keberhasilan manajemen perusahaan dalam memberikan keuntungan kepada pemegang sahamnya.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh keragaman dewan direksi wanita terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 3 tahun yaitu dari 2018-2020, yang keseluruhan berjumlah 70 perusahaan. Jumlah sampel pada penelitian ini 25 perusahaan dengan 70 jumlah data yang didapatkan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Statistical Package Social Sciences 25.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel proporsi dewan direksi wanita memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, usia dewan direksi wanita memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, latar belakang pendidikan dewan direksi wanita tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan dewan direksi wanita berkewarganegaraan asing memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Proporsi Dewan Direksi Wanita, Usia Dewan Direksi Wanita, Latar Belakang Pendidikan Dewan Direksi Wanita, Dewan Direksi Wanita Berkewarganegaraan Asing, Nilai Perusahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI