DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022
PENGARANG:NOVIA SAVITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-06


Novia Savitri (2024), Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Hedging Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap keputusan hedging.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 13 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan atau laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi BEI dan website perusahaan yang bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 21.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage yang diproksikan melalui Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif terhadap keputusan hedging. Sedangkan, likuiditas yang diproksikan melalu Current Ratio (CR), profitabilitas yang diproksikan melalui Return on Assets (ROA) dan ukuran perusahaan yang diproksikan melalui Total Assets tidak berpengaruh terhadap keputusan hedging.

Kata kunci : Hedging, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI