DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA SD KELAS IV
PENGARANG:MUHAMAD DINAR SALIHIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-07


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA SD KELAS IV (Oleh: Muhamad Dinar Salihin; Pembimbing : Harja Santanapurba, Muhammad Hifdzi Adini, 2024; 88 Halaman)

 

ABSTRAK

Mempelajari fisika berarti melatih siswa untuk memahami konsep fisika, memecahkan serta menemukan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi dan siswa lebih mudah menerapkan masalah fisika dalam kehidupan sehari-hari. Beragam pilihan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik, tidak jenuh dan membosankan, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis web. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web mata pelajaran ipa materi wujud zat dan perubahannya dengan metode tutorial untuk siswa SD kelas IV. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development dengan prosedur pengembangan ADDIE yang dibatasi yaitu: Analysis, Design, Development dan Evaluate. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penilaian validitas dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi wujud zat dan perubahannya dengan metode tutorial ini ialah HTML, CSS Javascript,  JSON dan Firebase. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid, karena perolehan presentasi capaian validasi materi sebesar 80% dengan kriteria sangat tinggi dan validasi media sebesar 70,83% dengan kriteria tinggi. Oleh karena itu media pembelajaran dinyatakan dapat digunakan oleh peserta didik kelas IV. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web mata pelajaran ipa materi wujud zat dan perubahannyadengan metode tutorial untuk siswa SD kelas IV dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci : ADDIE, Media, R&D, Tutorial, Wujud Zat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI