DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJARPkn PADA MATERI LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIKOMBINASIKAN DENGAN COURSE REVIW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN PANDAHAN 2 KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:Riswan Hidayat
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-05


ABSTRACT

Hidayat,  Riswan. 2017 Improving Civics Learning Outcomes in Central Government Institution Materials Through Mind Mapping Models Combined with Course Reviw Horay (CRH) for Students in Grade IV SDN Pandahan 2 Tanah Laut District. Thesis of Teacher Training School Elementary School Teacher Education Program. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Counselor (1) Dra. Hj Rafi'ah Gazali, M.Ag, Advisor (II) Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat, Model Mind Mapping Dikombinasikan Dengan Course Reviw Horay (CRH).

Permasalahan adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Pandahan 2 pada materi Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat, yaitu dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 dari 23 siswa hanya 9 orang yang tuntas dengan persentase 39%, karena guru cenderung menggunakan metode ceramah, pembelajaran masih didominasi guru, kurangnya keterlibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran diperbaiki dengan menggunakan model Mind Mapping Dikombinasikan Course Reviw Horay (CRH), karena model pembelajaran yang dapat di aplikasikan dalam proses belajar mengajar yang memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menjadikan siswa lebih aktif tanpa harus membuat siswa merasa tertekan dalam belajar karena model ini menekankan pada kegiatan belajar yang diselingi dengan permainan. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa pada materi lembaga tingkat pemerintahan pusat di kelas IV SDN Pandahan 2.

Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan 2 siklus, setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pandahan 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data pengamatan untuk aktivitas guru dan siswa, serta butir tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data digunakan adalah teknik destribusi, frekuensi, persentase dan deskripi. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus menggunakan model pembelajaran Mind Mapping Dikombinasikan Course Reviw Horay (CRH). Untuk aktivitas guru meningkat menjadi kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa meningkat menjadi kriteria sangat aktif, begitu pula dengan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal telah mencapai ketuntasan KKM serta indikator yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dapat disimpulkan materi Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat menggunakan model pembelajaran Mind Mapping Dikombinasikan Course Reviw Horay (CRH) meningkat. Sehingga hipoteses dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI