DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN IKLIM KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI TERAKREDITASI A DI KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RIKI ANGGARA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-08


Putra, Riki Anggara. 2024. Hubungan Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D (II) Dr. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci: Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kepuasan Kerja

 

Kepuasan kerja adalah sikap suatu bentuk rasa puas dan bahagia akan pekerjaannya saat ini.Iklim kerja dan motivasi kerja dapat mempengaruhi guru dalam melaksanakan  tugasnya dengan komitmen terhadap sekolah sehingga terbentuk kepuasan kerja guru. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar sebanyak 166 orang dengan jumlah sampel sebanyak 117 orang responden yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang mempengaruhi kontribusi antara: (1) iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,539, (2) motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,221, (3) komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,389, (4) iklim kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,804, (5) motivasi kerja terhadap komitmen kerja sebesar 0,154, (6) iklim kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,312, (7) motivasi kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru sebesar 0,060. Kesimpulannya terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara iklim kerja, motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap kepuasan kerja guru. Terdapat pengaruh tidak langsung antara iklim kerja dan motivasi kerja melalui komitmen kerja terhadap kepuasan guru SD Negeri terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Saran kepada guru hendaknya menjaga komitmen afektif, selalu mentaati tatertib dan menjaga persaingan yang positif terhadap rekan kerja. Kepada kepala sekolah untuk selalu besikap bijak, melakukan supervisi dengan baik dan selalu memperhatikan latar keahlian guru sebelum diberi tanggung jawab.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI