DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN SCHOOL WELL-BEING TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:SYARIFAH NISRIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-14


ABSTRAK

 

 

 

PERANAN SCHOOL WELL-BEING TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 1 MARTAPURA

 

Syarifah Nisrin

 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Berbicara mengenai kualitas pendidikan di Indonesia diketahui ada dua aspek yang mempengaruhi siswa yaitu eksternal dan internal. Masalah eksternal sendiri bisa dipengaruhi oleh lingkungan siswa, sedangkan masalah internal yang terjadi pada siswa biasanya ialah sering muncul seperti bosan, jenuh, dan stres saat belajar sehingga flow akademik diperlukan untuk mengatasi salah satu masalah internal siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan school well-being terhadap flow akademik pada siswa SMA Negeri 1 Martapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total responden sebanyak 162 siswa SMA Negeri 1 Martapura dengan metode purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner secara langsung dengan menggunakan 2 alat ukur yaitu skala school well-being dan skala flow akademik. Pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda dengan hasil penelitian ini secara keseluruhan school well-being memiliki peranan yang signifikan terhadap flow akademik sebesar 25,8% namun secara parsial hanya dimensi having, being, dan health yang memiliki peranan terhadap flow akademik sedangkan dimensi loving tidak memiliki peranan terhadap flow akademik.

 

 

 

Kata kunci : School well-being, Flow Akademik, Siswa SMA

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI