DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KETERBUKAAN PADA PERUBAHAN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN UIN ANTASARI BANJARMASIN DALAM MENGHADAPI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
PENGARANG:LIDYA WATI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-14


Perguruan tinggi sebagai organisasi pada sektor pendidikan dituntut ikut serta melakukan perubahan yang ditandai dengan kebijakan sistem pendidikan baru di Indonesia yakni program MBKM yang dicanangkan sejak tahun 2020. Dalam hal ini tentu memerlukan persiapan fasilitas dan sumber daya manusia, baik peran dosen ataupun tenaga kependidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peranan kepemimpinan transformasional terhadap keterbukaan pada perubahan bagi tenaga kependidikan UIN Antasari Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah 150 tenaga kependidikan UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan skala keterbukaan pada perubahan dan skala kepemimpinan transformasional. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan kepemimpinan transformasional sebesar 24,1% (R2= 0,241) terhadap keterbukaan pada perubahan bagi tenaga kependidikan UIN Antasari Banjarmasin.

Kata Kunci: Keterbukaan pada perubahan, kepemimpinan trasnformasional, tenaga kependidikan, program merdeka belajar kampus merdeka.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI