DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility PT Indo Muro Kencana
PENGARANG:DWI RIZKIE PUTRI JUNE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-14


Dwi Rizkie Putri June, 2120419320006, 2024, Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indo Muro Kencana. Dibawah bimbingan Rahma Yuliani.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat pada bidang kemandirian ekonomi yaitu program peningkatan kapasitas masyarakat CSR PT Indo Muro Kencana serta untuk menganalisis kualitas bidang kemandirian ekonomi yaitu program peningkatan kapasitas masyarakat yang telah diberikan oleh CSR PT Indo Muro Kencana.

Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Rig 1 Desa Mangkahui, Tahujan Ontu, Oreng, Mangkolisoi, Konut dan Bantian yang berada di Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Populasi sebanyak 55 responden yang semuanya dijadikan sampel penelitian (sampel jenuh) terdiri dari 35 penerima manfaat dan 20 masyarakat bebas dan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan skor “skala likert” dan teknik analisa data berpedoman pada PermenPAN No 14 Tahun 2017.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat kepuasan masyarakat pada program CSR PT Indo Muro Kencana berdasarkan PermenPAN No 14 Tahun 2017 yang telah dikembangkan menjadi 12 unsur, 11 aspek mendapatkan penilaian “BAIK”. Terdapat temuan pada unsur kemampuan menangani tantangan pada proses pelaksanaan program mendapatkan penilaian “Kurang baik”. Namun dengan demikian kinerja CSR PT Indo Muro Kencana secara keseluruhan mendapatkan penilaian “BAIK” dengan nilai indeks sebesar 2.932 atau 73.306 setelah dikonversi. (2) Kualitas dari program dilihat dari perspektif peningkatan kapasitas masyarakat sangat berpengaruh dalam meningkatkan wawasan mereka. Dimana dilihat berdasarkan rekapitulasi pelatihan sejak tahun 2019-2023, pelatihan yang sustainable. Masyarakat merasakan manfaat dan bisa melanjutkan program secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan baik dan dapat diserap dengan baik oleh masyarakat.

            Disarankan kepada pihak PT IMK agar dapat melakukan evaluasi serta menindaklanjuti terkait proses pembayaran invoice yang cukup lama. Kemudian evaluasi dan pemantauan secara berkala perlu dilakukan agar permasalahan ini tidak terulang kembali.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI