DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Keakraban dan Skeptisme terhadap Penggunaan Label Nutrisi: Implikasinya pada Keputusan Pembelian Snack Fitbar
PENGARANG:MUHAMMAD ZAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-15


Muhammad Zaini (2024). Pengaruh Keakraban dan Skeptisme terhadap Penggunaan Label Nutrisi: Implikasinya pada Keputusan Pembelian Snack Fitbar. Pembimbing: Arief Budiman.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis pengaruh familiarity with food nutrition label terhadap use of food nutrition label; (2) menganalisis pengaruh scepticism toward health claims terhadap use of food nutrition label; (3) menganalisis pengaruh use of food nutrition label terhadap purchase decision pada produk Fitbar; dan(4) menganalisis perbedaan pengaruh familiarity with food nutrition label dan Skepticism toward health claims terhadap penggunaan label nutrisi, dan penggunaan label nutrisi terhadap keputusan pembelian Fitbar pada konsumen remaja akhir dan dewasa awal.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan variabel familiarity with food nutrition label, scepticism toward health claims, use of food nutrition label, dan purchase decision. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang responden. Data diolah menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan Partial Least Square Multigroup Analysis (PLS-MGA) dengan software SmartPLS 3.0 untuk mendukung hasil penelitian ini.

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan label nutrisi oleh konsumen dipengaruhi oleh keakraban konsumen dengan label nutrisi dan rasa skeptis konsumen terhadap klaim kesehatan. Selain itu, penggunaan label nutrisi oleh konsumen juga ditemukan dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Fitbar. Dalam penelitian ini tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara kelompok remaja akhir dan dewasa awal pada penggunaan label nutrisi serta dampaknya terhadap keputusan pembelian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI