DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU
PENGARANG:FADILA RAMADHANIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-16


ABSTRAK

Fadila Ramadhania, 2010414120008, 2024, Analisis Semiotika Makna Pesan Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu “Silver Spoon” Karya BTS Pada Media Spotify. Di bawah bimbingan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Kritik sosial merupakan wujud komunikasi di dalam masyarakat yang berfungsi sebagai pengawasan atau kontrol terhadap suatu sistem sosial (Salim & Sukendro, 2021). Kritik muncul disebabkan salah satunya adalah adanya permasalahan sosial di masyarakat.Aktivitas kritik sosial dapat dilayangkan dengan berbagai macam media, salah satunya melalui lagu atau musik. Adapun lagu yang dipilih adalah ‘Silver Spoon’ oleh BTS yang memiliki kritik sosial mengenai permasalahan kesenjangan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan kritik sosial yang terdapat pada lirik lagu dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Kritis Jurgen Hubermas dengan konsep kritik sosial Soerjono Soekanto. Sementara teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis semiotika Ferdinand de Saussure, yang fokus pada petanda dan penanda dalam bahasa. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kritik sosial yang terdapat pada kelima bait lagu yang dapat berperan sebagai pemberi informasi dan wadah memberikan kritik terhadap isu-isu yang terkait dengan masalah kemiskinan dan masalah birokrasi. Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa makna yang terkandung dalam lagu ini adalah pesan kritik sosial terhadap bagaimana dua generasi yang diperlakukan berbeda karena status sosial yang dimiliki.

Kata kunci: Kritik Sosial, Lagu, Semiotika, Teori Kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI