DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TAHFIDZ PADA ANAK USIA DINI (Studi Multi Situs di TK Tahfidz Amin Khothab dan TK Islam Tahfidzul Quran Imam Syafi’i)
PENGARANG:RABIATUL MARLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-21


Kata Kunci: Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz, TK Tahfidz Amin Khothab, TK Islam Tahfidzul Qur’an Imam Syafi’i.

Pendidikan karakter menjadi modal untuk generasi bangsa agar berperilaku baik dan benar sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat. Banyaknya tindak kejahatan di sekolah yang berkaitan dengan karakter seperti bullying, perkelahian, hingga hal kecil seperti menganggap sepele aturan sekolah seperti tidak membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya menjadi masalah yang harus diatasi sedini mungkin. Banjarmasin sendiri merupakan kota dengan mayoritas beragama Islam, di mana al-Qur’an dan Hadits adalah panduan untuk menjalani hidup termasuk didalamnya berperilaku baik. Anak usia dini di usia keemasannya mempunyai tingkat intelegensi yang paling baik untuk menghapal, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfidz pada anak usia dini.

Metode penelitian mengenai impelementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz pada anak usia dini di TK Tahfidz Amin Khothab dan TK Islam Tahfidzul Qur’an Imam Syafi’i ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu mengamati, menganalisa dan menggambarkan secara mendalam apa yang terjadi di lapangan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz.

Hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan karakter melalui program tahfidz ini menyiapkan perencanaan secara terjadwal sesuai dengan kebijakan sekolah, menyiapkan alat pendukung seperti laptop, dan menyiapkan buku kontrol atau buku prestasi untuk masing-masing anak. 2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui program tahfidz ini dilaksanakan terintegrasi dengan program sekolah, mulai anak datang samapi anak pulang. Pelaksanaannya melibatkan seluruh warga sekolah melalui pembiasaan dan keteladanan untuk berperilaku atau berkarakter sesuai adab al-Qur’an dan Sunnah. 3) Evaluasi pendidikan karakter melalui program tahfidz ini dilakukan dengan 2 cara, yang pertama ada tes, yaitu menguji hapalan surah atau hadits yang sudah dipelajari dengan waktu yang sudah ditentukan, dan cara yang kedua adalah observasi langsung terhadap perilaku anak, dimana hasil tes dan observasi akan dicatat dalam buku kontrol atau buku prestasi.

Saran untuk sekolah lebih baik lagi jika pelaksanaannya dilakukan juga dengan dukungan dan kerjasama oleh pihak sekolah dan orang tua agar tetap melakukan pembiasaan dan keteladaan yang sesuai anak lakukan di sekolah, serta dapat memeberi tindak lanjut yang jelas setelah mendapat hasil dari evaluasi. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI