DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBEBANAN TERHADAP HAK CIPTA ATAS KONTEN VIDEO YOUTUBE SEBAGAI OBJEK JAMINAN FIDUSIA
PENGARANG:MUHAMMAD RIVALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-21


Muhammad Rivaldi. Mei 2024. PEMBEBANAN TERHADAP HAK CIPTA ATAS KONTEN VIDEO YOUTUBE SEBAGAI OBJEK JAMINAN FIDUSIA. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 62 halaman, Pembimbing: Prof. Dr. Rachmadi Usman S.H., M.H.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kedudukan hukum atas hak cipta pada konten video YouTube sebagai objek jaminan fidusia sebagai upaya dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Dan mengetahui kelemahan-kelemahan di dalam pemberlakuan Hak Cipta konten video YouTube sebagai objek jaminan utang dalam bentuk jaminan fidusia. Dengan menggunakan jenis metode penelitian normatif yang memiliki sifat penelitian preskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian skripsi ini adalah:

Pertama, Hak Cipta Konten video YouTube sejatinya dapat dijadikan sebagai objek jaminan fidusia berdasarkan UU 28/2014 dan UU 42/1999 karena memiliki sifat dan ciri yang masuk ke dalam ruang lingkup konsep perlindungan Hak Cipta yang menekankan kepada keaslian dan kreativitas. Berkaitan dengan kedudukannya sebagai objek jaminan fiduisa. Pertama, sifatnya sebagai benda bergerak tidak berwujud. Kedua, sebagai Hak Eksklusif yang menjadikan Hak Cipta konten video YouTube memiliki dua esensi hak, yaitu hak moral dan hak ekonomi. Ketiga, sebagai kebendaan yang dapat beralih dan dialihkan. Keempat, sebagai benda yang dapat dijaminkan.

Kedua, Menjadikan konten video YouTube sebagai objek jaminan fidusia memiliki kelemahan-kelemahan yang dapat menimbulkan masalah di dalam penerapannya. Pertama, Pembajakan konten video YouTube yang dapat menurunkan nilai ekonomis dari Hak Cipta tersebut. Kedua, Belum adanya aturan yang jelas mengenai tata cara penentuan nilai ekonomis dari konten video YouTube. Ketiga, beralihnya kepemilikan Hak Cipta konten video YouTube berpotensi menurunkan nilai ekonomis dari Hak Cipta tersebut. Keempat, adanya kendala regulasi di dalam pembebanan Hak Cipta konten video YouTube sebagai objek jaminan fidusia.

Kata Kunci (keyword): hak cipta, jaminan fidusia, youtube

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI