DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI RELIGIUS PADA KEGIATAN DI SEKOLAH MTSN 6 BANJAR DARUSSALAM MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-22


Muhammad Maulana. 2023. Nilai Religius Pada Kegiatan di Sekolah MTsN 6 Banjar Darussalam Martapura. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, S.Pd., MA. Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat yang tidak di imbangi dengan pemberian materi pendidikan agama di sekolah dapat mengurangi nilai-nilai agama yang ada di dalam diri peserta didik. Sehubungan dengan hal itu, kehadiran sekolah madrasah menjadi sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki kaitan sangat serat dengan keagamaan. Sebab dimana muatan nilai agama mendapatkan penekanan yang kuat untuk membentuk karakter dan pribadi peserta didik sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama yang diberikan melalui kegiatan di sekolah MTsN 6 Banjar Darussalam Martapura. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kegiatan yang berhubungan dengan nilai religius di sekolah MTsN 6 Banjar Darussalam Martapura 2) Untuk mengetahui nilai-nilai religius pada kegiatan di sekolah MTsN 6 Banjar Darussalam Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk pengamatan serta pencatatan dengan cara sistematis mengenai nilai religius pada kegiatan di sekolah, wawancara dilakukan untuk mendapatkan data secara langsung dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan data yang diperoleh. Keabsahan data hasil penelitian dengan secara perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan mengadakan member check.

Hasil penelitian: 1) Kegiatan harian di sekolah MTsN 6 Banjar yang bernilai religius yaitu pembelajaran di kelas (Akidah akhlak, Al-Quran Hadist, Fiqih, Sejarah kebudayaan islam), Intrakurikuler (kegiatan sambut pagi peserta didik, tadarus Al-Quran, kegiatan keagamaan jumat pagi, sholat dzuhur dan ashar berjamaah), Ekstrakurikuler (Maulid habsyi dan Hadrah). 2) Nilai-nilai religius seperti nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai amanah dan ikhlas, nilai akhlak dan kedisiplinan, nilai keteladanan. Nilai-nilai religius muncul dalam kegiatan sekolah MTsN 6 Banjar Darussalam Martapura seperti di kegiatan intrakurikuler, pembelajaran, ekstrakurikuler yang berhubungan langsung dengan kegiatan nilai religius.

Simpulan penelitian ini adalah di sekolah MTsN 6 banjar darussalam martapura memiliki kegiatan nilai religius mulai dari kegiatan intrakurikuler, pembelajaran hingga ekstrakurikuler. Kegiatan ini memuat nilai religius seperti nilai ibadah, ruhul jihad, amanah dan ikhlas, akhlak dan kedisiplinan, keteladanan. Melalui kegiatan nilai religius ini peserta didik dapat diajarkan untuk menjadi seorang pribadi yang baik dan berakhlak mulia.

Kata kunci: Nilai Religius, Lingkungan Sekolah, Kegiatan Religius

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI