DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN SMART APPS CREATOR OLEH GURU IPS SEBAGAI MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPS MATERI PASAR KELAS VII DI MTS. RAUDHATUL ISLAMIYAH
PENGARANG:YUSUP
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-22


Yusup, 2024. Penerapan Smart Apps Creator oleh Guru IPS sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS Materi Pasar di Kelas VII di MTs. Raudhatul Islamiyah. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M. Hum dan Pembimbing II: Raihanah Sari, M. Pd.

Smart Apps Creator digunakan oleh pendidik sebagai Multimedia Interaktif untuk menjadi media yang menarik berbasis teknologi, sehingga proses pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembuatan dan penerapan oleh guru IPS sebagai multimedia interaktif pembelajaran IPS materi pasar di kelas VII pada MTs. Raudhatul Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tujuan menjelaskan pembuatan dan penerapan multimedia interaktif pada Materi Pasar di Kelas VII di MTs. Raudhatul Islamiyah. Subjek penelitian adalah pendidik IPS dan Peserta didik kelas VII. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian, sementara Wawancara melibatkan interaksi dengan individu yang terkait dengan penelitian. Dokumentasi, dalam penelitian ini melakukan pengambilan data dari dokumen tertentu yang relevan dengan penelitian. Setelah selesai mengumpulkan data ialah tahapan selanjutnya menganalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Proses analisis ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, yang secara kolektif membantu membuat ilustrasi komprehensif. Hasil dan Pembahasan Penelitian ialah pembuatan dan penerapan dari Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS dari konten lokal Pasar Terapung Lok Baintan menggunakan pada aplikasi Smart Apps Creator oleh pendidik dalam proses pembelajaran Materi Pasar untuk peserta didik kelas VII MTs. Raudhatul Islamiyah dapat memberikan kontribusi pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif di tingkat pendidikan menengah. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa penerapan multimedia interaktif pembelajaran IPS oleh guru IPS menggunakan Smart Apps Creator membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan untuk pendidikan.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Smart Apps Creator

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI