DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Desain Rumah di Komplek Villa Wira Karya Desa Pasar Kamis
PENGARANG:NORAIDARAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-22


Noraidarayanti. 2023. “Desain Rumah di Komplek Villa Wira Karya Desa Pasar Kamis” . Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.”

Di antara berbagai perumahan bergaya modern di Desa Pasar Kamis, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, dapat ditemukan perumahan yang menggabungkan latar belakang kearifan lokal, perumahan yang terdapat di Desa Pasar Kamis memuat konteks kearifan lokal dengan desain bangunan rumah yang menyerupai rumah Banjar palimasan, yang pada zaman kerajaan dipergunakan sebagai tempat tinggal bendaharawan dalam merawat emas dan perak kerajaan.

Tujuan penelitian ini: 1) Untuk menganalisis perkembangan pembangunan rumah Banjar di Komplek Villa Wira Karya; 2)Untuk memahami dengan lebih mendalam tentang wujud rumah di Komplek Villa Wira Karya

Studi ini menggunakan metodologi deskriptif berdasarkan pendekatan kualitatif untuk menganalisa perkembangan pembangunan rumah di Komplek Villa Wira Karya serta mengkarakterisasi proses wujud rumah di Komplek Villa Wira Karya dengan pengumpulan data melalui masyarakat Komplek Villa Wira Karya dan pengembang real estate perumahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi kediaman khususnya Komplek Villa Wira Karya di Desa Pasar Kamis, wawancara dan dokumentasi dan fotografi. Analisa data meliputi pendeskripsian data, mereduksi data sesuai dengan tujuan penelitian, serta menyajikannya dengan cara yang memungkinkan untuk menarik kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.

Hasilnya: 1) Perkembangan pembangunan dari rumah tradisional ke rumah modern di Komplek Villa Wira merupakan pergeseran yang signifikan menuju desain dan teknologi modern, hal ini mencakup dari aspek desain, bahan bangunan yang lebih modern, dan manfaat.2) Rumah di Komplek Villa Wira Karya mengusung konsep kearifan lokal, khususnya rumah berbentuk rumah Banjar Palimasan, tidak hanya itu namun juga terdapat penggunakan material seperti cerucuk galam dan kayu ulin sebagai pondasi, serta menggunakan titian sebagai akses menuju rumah, hal ini memiliki nilai penting sebagai bagian dari warisan budaya dan identitas lokal yang harus dijaga dan dilestarikan.

Simpulan dalam penelitian ini adalah perkembangan pembangunan di Komplek Villa Wira Karya yang meliputi dari segi desain, bahan bangunan dari rumah tersebut, serta kebermanfaatan pada ornamen rumah tersebut, perkembangan ini mencerminkan adaptasi terhadap perkembangan zaman. rumah di Komplek Villa Wira Karya, mengusung konsep kearifan lokal seperti rumah berbentuk rumah Banjar Palimasan, menjadi bagian penting dari warisan budaya dan identitas lokal yang harus dijaga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI