DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Rumah Tahfidz Anak di Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD SYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-27


ABSTRAK

Rumah tahfidz anak merupakan upaya yang dilakukan secara sadar dalam memberantas fenomena Buta Aksara Al-Qur'an yang terjadi di Masyarakat karena modernisasi yang terjadi saat ini. Dalam proses pembelajaran rumah tahfidz, permasalahan yang muncul terkait dengan metode pembelajaran yang tidak efektif dan efisien karena keterbatasan ruang untuk mewadahi aktivitas dan kegiatan rumah tahfidz. Anak yang belajar pada ruang yang tidak kondusif akan dapat menghambat proses pembelajarannya dan membuat anak teralihkan dengan kondisi di luar pembelajaran. Sehingga pemahaman anak dalam menyimak penjelasan guru akan menurun dan berakhir dengan anak yang tidak dapat memahami pembelajaran.

Hasil dari perancangan adalah konsep dalam perancangan yang terkait dengan metode-metode pembelajaran rumah tahfidz dengan memperhatikan karakter anak melalui pendekatan Arsitektur untuk dapat memudahkan anak dalam belajar Al-Qur'an. Metode yang diangkat adalah membuat anak terbiasa dengan materi pembelajaran, serta mengembangkan minat, keterampilan, sikap dan perilaku yang berdasarkan pembelajaran ilmu Agama Islam.

 

Kata Kunci : Rumah Tahfidz, Metode Pembelajaran,  Pembiasaan, Karakter Anak.

 

ABSTRACT

The children's tahfidz house is a conscious effort to eradicate the phenomenon of Al-Qur'an illiteracy that occurs in society due to modernization that is currently occurring. In the tahfidz house learning process, problems that arise are related to ineffective and efficient learning methods due to limited space to accommodate tahfidz house activities and events. Children who study in a space that is not conducive will hamper their learning process and cause children to be distracted by conditions outside of learning. So that children's understanding in listening to the teacher's explanation will decrease and end up with children who cannot understand the lesson.

The result of the design is a design concept related to tahfidz home learning methods by paying attention to the child's character through an architectural approach to make it easier for children to learn the Koran. The method adopted is to make children familiar with the learning material, as well as developing children's interests, skills, attitudes and behavior that are based on the learning of Islamic religion.

 

Keywords: Tahfidz House, Learning Methods, Habituation, Child Character.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI