DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SD ALAM MUHAMMADIYAH INDRASARI MARTAPURA
PENGARANG:AKHLADA EL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-28


Pendidikan lingkungan hidup merupakan program pendidikan yang dirancang untuk membiasakan peserta didik untuk peka/sadar, dan perilakunya tentang keterkaitan antara penduduk dan lingkungan sekitar dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Namun kenyataannya, peserta didik mempunyai tingkat kepedulian yang bervariasi terhadap permasalahan lingkungan hidup. Beberapa peserta didik tidak peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gambaran umum di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura, mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura dan mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan lingkungan hidup.

Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup (studi kasus di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura). Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru, Wali Murid, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke lokasi SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan deskripsi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Implementasi pendidikan lingkungan hidup di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura dapat dilihat dari adanya kebijakan berbasis lingkungan dan kegiatan berbasis lingkungan. 2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu kebijakan sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana, pengurangan sampah plastik di lingkungan sekolah, mencuci alat makan sendiri, dan orang tua siswa. Faktor penghambat yaitu hambatan budidaya ikan di sekolah, kegiatan pembiasaan belum berjalan dengan baik, jarak tempuh pembelajaran di luar lingkungan sekolah.

 

Simpulan dalam penelitian ini adalah SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura adalah satu diantara sekolah alam yang menerapkan implementasi pendidikan lingkungan hidup, kegiatan yang diterapkan yaitu kebijakan berbasis lingkungan dan kegiatan berbasis lingkungan. Dari beberapa kegiatan yang disebutkan, ada beberapa kegiatan yang berjalan diterapkan dan ada kegiatan yang tidak berjalan dengan sesuai harapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI