DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT MASYARAKAT MEMANFAATKAN PROGRAM PELAYANAN KADA SING AMPIHAN (PAKASAM) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FADHIL MURABBI AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-29


Muhammad Fadhil Murabbi Amin, 1910413210004 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Memanfaatkan Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin”. Dibimbing oleh Budi Kristanto.

Tujuan penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat Memanfaatkan Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 orang diambil dari masyarakat Kota Banjarmasin, menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data primer, kuisioner, dan observasi dengan skala guttman. Kemudian dilakukan uji validitas dan uji reabilitas menggunakan bantuan aplikasi komputer SPSS 23. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif variabel dengan menggunakan bantuan aplikasi komputer Microsoft Excel.

Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel X1 sosialisasi mendapatkan jawaban TIDAK sebanyak 67%. Variabel X1 sosialisasi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat dalam memanfaatkan Program Pelayanan Kada Sing Ampihan. Variabel X2 kualitas pelayanan publik mendapatkan jawaban YA sebanyak 80% dan variabel X3 lokasi mendapatkan jawaban YA sebanyak 88,3%. Kedua variabel X2 kualitas pelayanan publik dan X3 lokasi bukan merupakan penyebab rendahnya minat masyarakat dalam memanfaatkan Program Pelayanan Kada Sing Ampihan.

Untuk meningkatkan proses penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat Memanfaatkan Program Pelayanan Kada Sing Ampihan (PAKASAM) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dianjurkan untuk menambahkan variabel penyebab rendahnya minat masyarakat dalam memanfaatkan Program PAKASAM Disdukcapil Kota Banjarmasin dalam penelitian dan menambahkan variabel Y pada kuisioner agar dapat diuji korelasi antar variabel X.

Kata Kunci: Rendahnya Minat, Pelayanan, Program PAKASAM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI