DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP ORGANISASI DALAM PERSPEKTIF KOMITMEN PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOVA DWIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-29


ABSTRAK

Nova Dwiyanti, 2023, Organization Citizenship Behavior (OCB) terhadap Organisasi dalam Perspektif Komitmen Pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin, Taufik Arbain, Bachruddin Ali Akhmad,

                                                                                                                               

Penelitian Tesis ini berangkat dari gambaran masih lemahnya komitmen pegawai di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin terhadap tugas dan tanggung jawab, meskipun telah memiliki job description masing-masing. Idealnya, peran pegawai tidak hanya sebatas berprilaku in-role, namun juga harus mampu menunjukan perilaku extra-role dalam rangka mencapai target pekerjaan. Dalam tataran teori-teori manajemen perilaku extra-role ini dikenal dengan sebutan Organizational Citizenship Behavior. Peneliti mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana Organization Citizenship Behavior Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin terhadap organisasi dalam perspektif komitmen pegawai. Kedua, apa saja faktor-faktor yang menghambat peningkatan Organization Citizenship Behavior pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam Tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case study) menggunakan single case design yang berfokus kepada komitmen pegawai terhadap organisasi di dalam perspektif Organizational Citizenship Behaviour pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin.

Adapun berikut hasil penelitian Tesis ini: Pertama, hasil penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan kondisi Organization Citizenship Behavior yang ada pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin tergolong cukup baik, khususnya pada dimensi perilaku menolong (altruism) dan mengedepankan kepentingan bersama (civic virtue), lalu kemudian diikuti oleh dimensi toleransi yang tinggi (sportsmanship), dan menjaga kesopanan (courtesy), meskipun dengan sedikit catatan terdapat kekurangan yang cukup signifikan pada dimensi kesungguhan dalam bekerja (conscientiousness) karena masih banyak menunjukkan ketidakpatuhan terhadap peraturan-peraturan organisasi. Kemudian terkait komitmen yang ada pada Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin menunjukan kondisi komitmen berkelanjutan (continuance commitment), dimana hal tersebut ditunjukan dari adanya motivasi dan keinginan berkontribusi yang kurang kuat, aspek kehadiran yang baik, intensitas bekerja yang tidak merata, dukungan terhadap kebijakan organisasi yang baik, minimnya stress kerja, toleransi yang baik, penyelesaian whistle blowing yang baik secara internal. Kedua, hal yang menghambat peningkatan Organizational Citizenship Behaviour di Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin dipengaruhi oleh faktor-faktor yang bersifat internal dan eksternal. Terkait hal tersebut, pada sisi faktor internal ditemukan bahwa kondisi kepuasan kerja, komitmen, moral dan motivasi pegawai tidak memberikan upaya ekstra terhadap ketepatan waktu kehadiran bekerja. Sedangkan pada sisi faktor eksternal ditemukan bahwa gaya kepemimpinan dan budaya organisasi juga tidak menciptakan perilaku ekstra terhadap ketepatan waktu kehadiran bekerja.

Tesis ini direkomendasikan untuk menjadi refrensi dalam keilmuan bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya bagi yang melakukan penelitian terkait komitmen pegawai dan Organization Citizenship Behavior. Harapan di masa mendatang, terdapat sebuah penelitian serupa yang mengkaji hasil penelitian ini dari prespektif teori kepemimpinan.

 

Kata Kunci:  Organization Citizenship Behavior, Komitmen Pegawai, Kantor Pertanahan.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI