DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pembelajaran Cerita Fantasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Kelas 7A Di SMP Negeri 7 Banjarmasin
PENGARANG:ANA MANDZILATUL FARICHAH BINTI MAEMUNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-30


Strategi pembelajaran adalah rencana atau pendekatan yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk membantu siswa memahami dan menguasai materi pelajaran, strategi pembelajaran cerita fantasi dalam kurikulum merdeka menjadi kunci untuk merangsang kreativitas dan daya imajinasi peserta didik. Penggunaan cerita fantasi, terutama yang tinggi, tidak hanya sebagai sarana penyampaian informasi, tetapi juga sebagai alat untuk melibatkan peserta didik lebih aktif, pada kurikulum merdeka strategi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan dinamis, meningkatkan kreativitas, dan mendukung pengembangan kemampuan individual.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan dan pemahaman siswa terhadap cerita fantasi dalam penerapan kurikulum merdeka kelas 7A di SMPN 7 Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan mengumpulan data berupa angket serta hasil wawancara kepada siswa-siswi kelas 7A SMPN 7 Banjarmasin dan guru Bahasa Indonesia kelas 7A SMPN 7 Banjarmasin, redukasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwastrategi pembelajaran cerita fantasi dalam penerapan kurikulum merdeka kelas 7A di SMPN 7 Banjarmasin dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan strategi pembelajaran secara langsung dan memanfaatkan video pembelajaran sebagai media pembelajarannya yang mana siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang di gunakan pada kurikulum merdeka di SMPN 7 Banjarmasin sudah cukup baik namun guru perlu melakukan kegiatan “ice breaking” untuk memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI