DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Optimalisasi Kinerja Pelayanan Samsat Bayar Malam (SAMALAM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II | |
PENGARANG | : | SUCI ANUGRAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-05-30 |
Pelayanan Samsat Bayar Malam (SAMALAM) merupakan salah satu
layanan unggulan yang ada di UPPD Samsat Banjarmasin II yang bertujuan untuk
membantu masyarakat wajib pajak untuk bisa membayar pajak diluar jam kerja
atau dimalam hari, serta membantu meningkatkan penerimaan pajak kendaraan
bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II. Dalam rangka meningkatkan
Penerimaan pajak kendaraan bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II melalui
pelayanan SAMALAM dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pelayanan,
yaitu dengan pengoptimalisasian kinerja pelayanan SAMALAM. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dalam
pengoptimalisasian kinerja pelayanan SAMALAM dalam meningkatkan
penerimaan pajak kendaraan bermotor serta untuk mengetahui apa saja yang
menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan
SAMALAM.
Metode penelitian yang digunakan oleh penelitian ini adalah kualitatif
dengan tipe deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh
Miles dan Huberman dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi kinerja pelayanan
SAMALAM dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di
UPPD Samsat Banjarmasin II yang dianalisis menggunakan indikator penilaian
kinerja oleh Hersey, Blanchard dan Jhonson yaitu ada Tujuan dan Standar.
Kemudian indikator penilaian kinerja berdasarkan PERMENPAN No. 17 Tahun
2017 yaitu ada Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, dan Sistem
Informasi Pelayanan Publik sudah cukup baik namun belum optimal. Dikarenakan
pada indikator Tujuan, Standar sudah memiliki hasil yang baik dalam
pengoptimalan kinerja pelayanan SAMALAM, namun jika dilihat dari indikator
Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi Pelayanan Publik
kinerja pelayanan SAMALAM masih belum bisa dikatakan optimal. Adapun
faktor pendukung kinerja pelayanan SAMALAM yaitu: 1) target tahunan
penerimaan pajak kendaraan bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II 2)
pemahaman wajib pajak tentang persyaratan dan prosedur pelayanan. Kemudian
faktor penghambat kinerja pelayanan SAMALAM yaitu: 1) gangguan teknis 2)
masih terdapat kekurangan pada fasilitas pendukung.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI