DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Optimalisasi Kinerja Pelayanan Samsat Bayar Malam (SAMALAM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II
PENGARANG:SUCI ANUGRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-30


Pelayanan Samsat Bayar Malam (SAMALAM) merupakan salah satu 

layanan unggulan yang ada di UPPD Samsat Banjarmasin II yang bertujuan untuk 

membantu masyarakat wajib pajak untuk bisa membayar pajak diluar jam kerja 

atau dimalam hari, serta membantu meningkatkan penerimaan pajak kendaraan 

bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II. Dalam rangka meningkatkan 

Penerimaan pajak kendaraan bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II melalui 

pelayanan SAMALAM dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu pelayanan, 

yaitu dengan pengoptimalisasian kinerja pelayanan SAMALAM. Penelitian ini 

bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dalam 

pengoptimalisasian kinerja pelayanan SAMALAM dalam meningkatkan 

penerimaan pajak kendaraan bermotor serta untuk mengetahui apa saja yang 

menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan 

SAMALAM. 

Metode penelitian yang digunakan oleh penelitian ini adalah kualitatif 

dengan tipe deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data 

sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan 

dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh 

Miles dan Huberman dimana ada tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data 

dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi kinerja pelayanan 

SAMALAM dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor di 

UPPD Samsat Banjarmasin II yang dianalisis menggunakan indikator penilaian 

kinerja oleh Hersey, Blanchard dan Jhonson yaitu ada Tujuan dan Standar.

Kemudian indikator penilaian kinerja berdasarkan PERMENPAN No. 17 Tahun 

2017 yaitu ada Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, dan Sistem 

Informasi Pelayanan Publik sudah cukup baik namun belum optimal. Dikarenakan 

pada indikator Tujuan, Standar sudah memiliki hasil yang baik dalam 

pengoptimalan kinerja pelayanan SAMALAM, namun jika dilihat dari indikator 

Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi Pelayanan Publik

kinerja pelayanan SAMALAM masih belum bisa dikatakan optimal. Adapun 

faktor pendukung kinerja pelayanan SAMALAM yaitu: 1) target tahunan 

penerimaan pajak kendaraan bermotor di UPPD Samsat Banjarmasin II 2) 

pemahaman wajib pajak tentang persyaratan dan prosedur pelayanan. Kemudian 

faktor penghambat kinerja pelayanan SAMALAM yaitu: 1) gangguan teknis 2) 

masih terdapat kekurangan pada fasilitas pendukung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI