DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH PENGELOLA AIR LIMBAH DOMESTIK (PERUMDA PALD) KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:KHAIRI BUDIMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-30


Khairi Budiman (2024). Pengaruh Organizational Justice dan Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Perusahaan Umum Daerah Pengelola Air Limbah Domestik (Perumda PALD) Kota Banjarmasin. Pembimbing: Widyarfendhi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; (1) pengaruh Organizational Justice terhadap Organizational Citizenship Behavior pada pegawai Perumda PALD Kota Banjarmasin, (2) pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior pada pegawai Perumda PALD Kota Banjarmasin. Setiap organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki perilaku keanggotaan organisasi yang positif dalam usaha memenangkan suatu persaingan. Namun, permasalahan yang dihadapi karyawan PERUMDA PALD Kota Banjarmasin berupa belum ada inisiatif karyawan untuk membantu meringankan tugas temannya, terlambat masuk kerja, dan membicarakan suatu hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 32 orang pegawai Perumda PALD Kota Banjarmasin. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik sampling sensus atau sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis linier berganda menggunakan aplikasi program analisis statistika yaitu SPSS versi 26.0.

Hasil penelitian menyatakan bahwa organizational justice (X1) dan perceived organizational support (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (Y) karena memiliki nilai sig. untuk uji Kruskal Wallis < 0,05 dan nilai Thitung (3,876; 2,933)> Ttabel (2,045). Diharapkan PERUMDA PALD Kota Banjarmasin lebih meningkatkan prosedur yang digunakan organisasi dalam mengevaluasi pekerjaan karyawan agar lebih adil, lebih memperhatikan terhadap semua keluhan karyawan, dan memberikan sarana serta keleluasaan kepada karyawan untuk menyampaikan keluhan di tempat kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI