DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI PASAR MABUUN TANJUNG TABLONG
PENGARANG:MUHAMMAD SAIF NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-04


Perekonomian kini mulai berkembang pesat seiring dengan berkembangnya jumlah populasi manusia. Terdapat banyak sekali kebutuhan hidup yang harus dibutuhkan, dengan adanya manusia, barang , serta jasa dan dengan seiring kemaujan zaman telah menciptakan, mulai dari bisnis, kantor dan lain sebagainya. Adapun tempat penunjangnya, yaitu pasar yang berfungsi sebagai pusat perdagangan itu sendiri yang salah satunya terletak di Mabuun Tanjung Tabalong Kalimantan Selatan.

Pasar Mabuun merupakan salah satu pasar yang berada di kota Tajung Tabalong.Berhubung bertambahnya kebutuhan pokok dan bertambah jumlah penduduk yang dibutuhkan maka,kebutuhan serta fasilitaspenunjangpasartersebutjugasemakin naikMaka dari itulahfasilitasyangharusnyatersediaadalah lahan untul parkir.

 

Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah dilakukan survey di lapangan selama 2 hari yakni pada hari senin dan hari sabtu, untuk mengetahui berapa jumlah kendaraan parkir dan juga menulis plat nomor pada kendaraan yang keluar masuk area parkir. Dari hasil penelitian ini didapatlah volume tertinggi untuk Roda 2 sebanyak 837 kendaraan , Roda 4 pengunjung sebanyak 187 kendaraan dan untuk Roda 4 Pedagang sebanyak 69 kendaraan, akumulasi Roda2 tertinggi 347, untuk Roda 4 pengunjung tertinggi 56 dan Roda 4 pedagang sebanyak  86. Durasi parkir Roda 2 tertinggi sebesar 5,611 jam/kendaraan, utuk Roda 4 Pengunjung tertinggi sebesar 5,920 dan Roda 4 Pedagang tertinggi sebesar 6,000 jam/kendaraan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI