DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V SD ISLAM TERPADU AL-FIRDAUS BANJARMASIN
PENGARANG:MOCHAMMAD NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


ABSTRAK
Mochammad Nugraha (2024), Analisis Implementasi Pembelajaran Daring
Mata Pelajaran Tematik Kelas V Sd Islam Terpadu Al-Firdaus Banjarmasin.
Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Fatimah, M.Hum. Pembimbing II: Adrie Satrio, M. Pd.
Pembelajaran daring menjadi salah satu terobosan baru dalam bidang
pendidikan khusunya pada pandemi COVID-19. Akan tetapi, pembelajaran daring
memiliki implikasi positif maupun negatif yang mempengaruhi peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
daring mata pelajaran Tematik di kelas V SD Islam Terpadu Al-Firdaus; (2)
Mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Tematik di kelas V
SD Islam Terpadu Al-Firdaus melalui analisis SWOT; (3) Mengetahui implikasi
pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Tematik di kelas X SD Islam
Terpadu AL-Firdaus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomologi.
Sumber data untuk penelitian ini menggunakan data primer berupa wawancara,
sedangkan data sekunder berupa foto, video dan rekaman yang dapat mendukung
pemerolehan informasi. Responden penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil
kepala sekolah, guru dan murid SD Terpadu Al-Firdaus. Teknik sampel yang
digunakan adalah purposive sampling, sedangkan analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis SWOT.
Hasil penelitian ini mengatakan bahwa peserta didik merasakan kelemahan
(weakness) dalam bentuk ketidaknyamanan akibat sinyal internet yang tidak stabil
dan kurangnya interaksi sosial dengan teman sekelas. Ancaman (threat) yang
dirasakan yaitu kurangnya kejelasan dalam gambar yang disajikan dalam
pembelajaran. Adapun upaya peserta didik dalam penguatan (Strength)
pembelajaran daring yaitu mencari bantuan dari orangtua ketika menghadapi
kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Sedangkan peluang
(opportunities) yang dirasakan peserta didik maupun pendidik yaitu lebih
memahami penggunaan teknologi pada pembelajaran, menjadi lebih kreatif dalam
pembuatan tugas video dan Pendidik memiliki peluang untuk menjadi guru yang
lebih inovatif dan kreatif, menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik
dan interaktif.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pelajaran Tematik, COVID-19

ABSTRACT
Mochammad Nugraha (2024), Analysis of the Implementation of Online
Learning for Thematic Subjects in Class V of Al-Firdaus Integrated Islamic
Elementary School. Thesis. Educational Tecnology Study Program. Department
of Educcational Sciences. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung
Mangkurat University, Banjarmasin. Advisor I: Prof. Dr. Hj. Fatimah, M.Hum.
Advisor II: Adrie Satrio, M. Pd.
Online learning is one of the new breakthroughs in the field of education,
especially in the COVID-19 pandemic. However, online learning has both
positive and negative implications that affect students. The objectives of this study
are (1) to know the online learning implementation design of thematic subjects in
grade V of Al-Firdaus Integrated Islamic Elementary School; (2) to know the
implementation of online learning of thematic subjects in grade V of Al-Firdaus
Integrated Islamic Elementary School through SWOT analysis; (3) to know the
implications of the implementation of online learning of thematic subjects in
grade X of AL-Firdaus Integrated Islamic Elementary School.
This research uses a qualitative approach with the type of phenomology.
The data source for this research uses primary data in the form of interviews,
while secondary data in the form of photos, videos and recordings that can support
the acquisition of information. The respondents of this research are the principal,
vice principal, teachers and students of Al-Firdaus Integrated Elementary
School. The sample technique used was purposive sampling, while the data
analysis used was SWOT analysis technique.
The results of this study say that students’ feel weaknesses in the form of
inconvenience due to unstable internet signals and lack of social interaction with
classmates. The perceived threat is the lack of clarity in the images presented in
learning. The students' efforts in strengthening online learning are seeking help
from parents when facing difficulties in understanding learning materials. While
the opportunities felt by students’ and teacher are better understanding the use
of technology in learning, being more creative in making video assignments and
Educator have the opportunity to become more innovative and creative teachers,
using more interesting and interactive learning methods.
Keywords: Online Learning, Thematic Lessons, COVID-19

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI