DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ANGKATAN 2022
PENGARANG:PUTRI ADINDA PRESTI ADISKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Disiplin belajar di prodi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM ada beberapa mahasiswa yang mengalami disiplin belajar yang sangat rendah ditunjukan dengan perilaku yang mareka tampilkan yaitu berupa malas mengerjakan tugas dari dosen, untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik Self-Talk untuk meningkatkan disiplin belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-experimental design dalam bentuk non-equivalent Control Group Design. yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2022 berjumlah 90 orang. teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang yaitu terdiri dari 4 orang diberi perlakuan (treatment) dan 4 orang yang tidak diberi perlakuan (kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert untuk meningkatkan disiplin belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test yang menunjukan bahwa Thit > Ttab (21,1 > 2,446 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik Self-Talk efektif meningkatkan disiplin belajar mahasiswa dimana ditandai dengan adanya peningkatan disiplin belajar, sebelum dan sesudah diberikan Self-Talk dengan menggunakan strategi layanan konseling kelompok

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI