DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DENGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD GUNUNG MERANTI BANJARMASIN
PENGARANG:NORKAMALIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Norkamaliah, 2024. Hubungan Program Kampus Mengajar dengan Karakter Religius Peserta Didik di SD Gunung Meranti Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (Rabiatul Adawiah).

 

Kata Kunci : Program Kampus Mengajar, Karakter Religius

 

Salah satu karakter yang penting diajarkan pada peserta didik yaitu karakter religius. Religius adalah pikiran, perkataan, tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai ketuhanan. Karakter religius sendiri termasuk dalam 18 karakter bangsa yang direncanakan oleh kementerian pendidikan nasional, Kemendiknas mengartikan bahwa karakter religius sebagai sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Kemendikbud dituntut agar bisa meningkatkan karakter religius peserta didik salah satunya dengan cara menerapkan program kampus mengajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan program kampus mengajar dengan karakter religius peserta didik di SD Gunung Meranti Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 72 siswa, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Spearman pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS versi 25.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan program kampus mengajar dengan karakter religius peserta didik yang terlihat pada hasil Uji Spearman yaitu sebesar Asymp. Sig. (2-tailed) ,000 > 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat hubungan program kampus mengajar dengan karakter religius peserta didik di SD Gunung Meranti Banjarmasin.

 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan sekolah dapat meningkatkan penerapan pendidikan karakter, meneruskan kegiatan-kegiatan pada saat berlangsungnya program kampus mengajar seperti pembiasaan mengawali pembelajaran dengan membaca do’a setelah itu melanjutkan dengan tadarus dan melaksanakan sholat fardhu zuhur berjamaah serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengedukasi peserta didik mengenai pentingnya akan penanaman karakter religius. Pesera didik diharapkan dapat menciptakan karakter positif dan dapat meningkatkan kualitas dirinya dimulai dari pembiasaan atas segala tindakan yang dilakukan. Bagi orang tua agar tetap memperhatikan dan memberikan dorongan kepada anak tentang pentingnya karakter religius.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI