DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING (DASHAT) DI KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS (KAMPUNG KB) KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Aulia Azizah, 2010411220029, 2024. “Evaluasi Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan Aulia.

Stunting adalah masalah gizi yang terjadi pada bayi lima tahun yang memiliki dampak besar terhadap tumbuh kembang anak. Walikota Banjarmasin mengeluarkan keputusan Nomor 211 Tahun 2023 tentang Penetapan Kader Pengelola Dapur Sehat Atasi Stunting tingkat Kelurahan Tahun 2023.Adanya program ini untuk meningkatkan kualitas nutrisi balitadengan mengoptimalkan sumber daya pangan lokal guna mempercepat upaya penurunan angka stunting di Desa/Kelurahan. Kelurahan Basirih merupakan kelurahan yang mendapatkan lokasi program Dapur Sehat Atasi Stunting dengan angka yang cukup tinggi oleh karena itu peneliti meneliti di lokasi tersebut. Program Dashat berjalan selama 6 bulan dan sudah selesai dilaksanakan sehingga peneliti mengevaluasi bagaimana evaluasi program Dapur Sehat Atasi Stunting di kelurahan Basirih. Tujuan dari penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan evaluasi dan mengetahui faktor penghambat dalam program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin.

Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari wawancara dengan informan serta dokumentasi yang relevan dengan objek penelitian. Pengolahan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan program Dapur Sehat Atasi Stunting di kelurahan Basirih yang dianalisis menggunakan teori Dunn dengan 6 indikator sudah cukup baik namun belum optimal. Dari indikator Efisiensi, Kecukupan, Pemerataan, Responsivitas dan Ketepatan sudah memiliki hasil yang baik. Namun, dari indikator Efektivitas evaluasi program Dashat masih belum berjalan dengan baik karena dalam dalam pemberian makanan bergizi ke kelurahan Basirih hanya satu kali terlaksana selama program ini berjalan. Sedangkan untuk melihat hasil yang maksimal alangkah lebih baik dilaksanakan lebih banyak lagi. Dan berdasarkan hasil monitoring selama 6 bulan dapat disimpulkan bahwa program dapur sehat atasi stunting di kelurahan Basirih berjalan dengan baik dan menurunkan angka stunting sangat baik dari 96 anak menjadi 9 anak. Saran dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum diadakannya program Dashat ke kelurahan tertentu alangkah lebih baik diadakan sosialisasi terlebih dahulu terkait apa itu stunting. Program dashat ini bisa dilanjutkan agar kasus stunting di Kelurahan Basirih bisa berkurang lagi dan para orang tua bisa memilih bahan makanan yang bergizi dengan harga yang murah agar tetap terpenuhi gizi seimbang walaupun kurangnya ekonomi keluarga beresiko stunting.

Kata Kunci: Evaluasi, Program, Dapur Sehat Atasi Stunting.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI