DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERAN PEMERINTAH, KENDALA PERJALANAN DAN INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DENGAN CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengunjung Wisata Murung Batu Laba Kabupaten Banjar)
PENGARANG:FATHIA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Fathia Azizah, Pengaruh Peran Pemerintah, Kendala Perjalanan, dan Influencer Media Sosial terhadap Minat Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Kabupaten Banjar ‘Murung Batu Laba’), Laila Refiana Said (Pembimbing).

Murung Batu Laba merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi pengaruh peran pemerintah, kendala perjalanan, dan influencer media sosial terhadap minat berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi.

Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 180 orang. Berdasarkan penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara variabel yang diteliti yaitu citra destinasi, influencer media sosial, kendala perjalanan, dan peran pemerintah, dengan minat berkunjung sebagai variabel terikat.

Temuan menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif terhadap minat berkunjung, sedangkan influencer media sosial juga berkontribusi positif terhadap citra destinasi dan minat berkunjung. Di sisi lain, kendala perjalanan berdampak negatif terhadap citra destinasi dan minat berkunjung, sedangkan peran pemerintah berdampak positif terhadap minat. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa citra destinasi memediasi hubungan antara influencer media sosial dan minat pengunjung serta antara hambatan perjalanan dan minat pengunjung. Hal ini menunjukkan pentingnya peran citra destinasi sebagai mediator pengaruh variabel lain terhadap minat berkunjung.

 

Kata Kunci: Peran Pemerintah; Kendala Perjalanan; Influencer Media Sosial; Minat Berkunjung; Citra Destinasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI