DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kecerdasan Emosional, Inovasi Produk dan Keberanian Mengambil Risiko terhadap Keberhasilan Usaha (Studi pada UMKM Kuliner Berbasis Digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan)
PENGARANG:CARROLINE VINZENTZIA TONG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Carroline Vinzentzia Tong (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Inovasi Produk dan Keberanian Mengambil Risiko terhadap Keberhasilan Usaha (Studi pada UMKM Kuliner Berbasis Digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan). Pembimbing : Hastin Umi Anisah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan; (2) Pengaruh inovasi produk terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan; dan (3) Pengaruh keberanian mengambil risiko terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel kecerdasan emosional, inovasi produk, keberanian mengambil risiko dan keberhasilan usaha. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemilik atau pengelola UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Data diolah menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4.0.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan; (2) Inovasi produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan; dan (3) Keberanian mengambil risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner berbasis digital di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Inovasi Produk, Keberanian Mengambil Risiko, Keberhasilan Usaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI