DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PELAYANAN KARTU ANTAR KERJA/AK-1 MELALUI APLIKASI SIAPkerja PADA DINAS KOPERASI USAHA MIKRO DAN TENAGA KERJA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:YOSAFAT GRIT BRILLIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Yosafat Grit BrilIian, 2010411310017, 2024. Implementasi Pelayanan Kartu Antar Kerja/AK-1 Melalui Aplikasi SIAPkerja Pada Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan Trisylvana Azwari 

Pelayanan secara umum adalah segala kegiatan yang dimaksudkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan inilah keinginan dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Pelayanan ini dilaksanakan di salah satu kantor pemerintahan Kota Banjarmasin yaitu Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota yang berfungsi menerbitkan kartu AK-1, layanan registrasi kartu AK-1 merupakan layanan yang diberikan kepada pencari kerja untuk mendaftar pada sistem yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi layanan kartu AK-1 melalui aplikasi SIAPkerja pada Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin serta faktor-faktor yang menghambat implementasi layanan kartu AK-1 Dinas Koperasi Usaha Mikro dan TenagaKerja Kota Banjarmasin. Metode pen elitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan kartu AK-1 melalui aplikasi SIAPkerja pada Diskompumker Kota Banjarmasin dilihat dari variabel komunikasi yang baik, sumber daya yang baik, disposisi yang sangat baik, dan struktur organisasi yang baik terstruktur sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.Faktor penghambat pelaksanaan layanan kartu antar kerja/AK-1 melalui aplikasi SIAPkerja pada Dinas Usaha Mikro Koperasi dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin adalah: 1. Ada gangguan server dari kementerian pusat. 2. Masih banyak orang yang belum paham. 3. Terdapat gangguan kode OTP dari kementerian pusat. 

Saran penerapan layanan kartu AK-1 pada Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin 1. Menyempurnakan aplikasi SIAPkerja untuk menghindari atau mengurangi gangguan server pada aplikasi SIAPkerja sehingga layanan kartu AK-1 dapat di implementasikan melalui aplikasi SIAPkerja 2. Pelaksana dapat menggunakan iklan dan mencantumkan kontak admin atau petugas pelayanan atau media sosial. 3. Terkait permasalahan kode OTP yang tidak diterima, agar lebih cepat, peneliti menyarankan agar admin di masing-masing daerah juga dapat mengirimkan kode OTP ke masyarakat.

Kata Kunci : Implementasi, Kartu AK-1, Aplikasi SIAPkerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI