DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGUATAN GOTONG ROYONG SEBAGAI KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI SMAN 1 ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | NURMI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-06 |
Gotong royong adalah nilai yang melekat dalam budaya Indonesia, yang
memiliki nilai-nilai kolaborasi, kebersamaan, dan saling membantu. Nilai ini telah
menjadi ciri khas bangsa Indonesia selama berabad-abad. Meskipun gotong royong
telah menjadi bagian integral dari budaya Indonesia, nilai ini perlu ditingkatkan dan
dilestarikan dalam era modern yang gejolak. Penilitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi wujud gotong royong yang ada di SMAN 1 Anjir Pasar Kabupaten
Barito Kuala, Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penguatan gotong
royong sebagai karakter kewarganegaraan di SMAN 1 Anjir Pasar Kabupaten
Barito Kuala, dan mengidentifikasi strategi yang digunakan dalam penguatan
gotong royong sebagai karakter kewarganegaraan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan
cara memandang objek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan sumber data primer dan sekunder sebagai sumber data utama.
Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk
mengumpulkan data. Data yang diperoleh di analisis menggunakan tahapan reduksi
data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Wujud gotong di SMAN 1
Anjir Pasar Kabupaten barito Kuala dapat dilihat dalam kegiatan sehari-hari siswa
di lingkungan sekolah, diantaranya piket kelas, jum’at bersih, kerja kelompok,
kegiatan P5, dan penggalangan dana untuk siswa/i yang terkena musibah. (2)
Kendala dalam pelaksanaan kegiatan ini ialah masih banyaknya siswa/i yang
merasa malas untuk ikut serta dalam kegiatan gotong royong. (3) Strategi yang
digunakan dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa di SMAN 1 Anjir
Pasar adalah melalui pembelajaran dengan metode Problem Based Learning (PBL),
Project Based Learning (PjBL), dan Cooperative Learning.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI